TUTORIAL :Pecah banyak warna desain blok blokan menggunakan photoshop CS 4 + video TUTORIAL :Pecah banyak warna desain blok blokan menggunakan photoshop CS 4 + video - Sagan Sablon

November 15, 2018

TUTORIAL :Pecah banyak warna desain blok blokan menggunakan photoshop CS 4 + video

Jumpa lagi dengan saya sagan sablon,
kali ini saya akan memberi sedikit tutorial tentang pecah warna atau pisah warna atau juga spot color dengan menggunakan program yang cukup populer di semua kalangan praktisi desain grafis.
Dengan program Photoshop, semua desain yang rumit sampai dengan yang mudah bisa di aplikasikan dengan hanya dengan program ini.
Kali ini saya berpanjang lebar menjelaskan tentang program tersebut
tapi kita akan menggunakan sedikit fitur dari program tersebut untuk memudahkan pekerjaan tentang pecah warna.
Fitur yang akan sering di gunakan adalah select color, color range , control +D dan sedikit fitur lainnya.




Program Photoshop yang saya pake kebetulan adalah Photoshop CS 4 Extended.
untuk Photoshop versi yang lain bisa di sesuaikan letak fiturnya.biasanya tidak akan berbeda jauh dengan versi program yang saya gunakan.

OK, Langsung aja kita buka program Photoshopnya, seperti saya sampaikan di atas, saya memakai yang versi CS4 Extended


Klik File > Open...
silahkan pilih desain yang akan kita pecah warnanya , karena kita membahas blok blokan, jadi usahakan file desainnya mempunyai warna yang solid.

karena file sudah pernah saya buka jadi saya buka di File > Open recent...



dan akan muncul desain yang akan kita kerjakan, sebagai bahan percontohan saya menggunakan gambar lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila


Oh ya, dalam contoh desain di atas, background sudah transparan, apabila masih ada backgroundnya, lebih baik hilangkan terlebih dahulu.

setelah itu, kita akan buat 2 layer baru di bawah layer desain kita


kalo sudah kita kasih fill warna pada layer yang baru dengan warna hitam dan putih


langkah selanjutnya , kita ke panel channel dan kita akan membuat channel baru, channel baru nama defaultnya adalah alpha 1, seperti contoh di gambar di bawah ini :



Oh ya dari pada rumit rumit bacanya , ini udah saya persiapkan tutorial videonya
 jadi anda tinggal duduk manis dan menyimak pergerakan cursor nya saja
silahkan tonton videonya dibawah ini  supaya lebih jelas.


gimana setelah menonton video yang saya sematkan , kalau masih belum paham atau mengerti, bisa comment di video tersebut. Insya allah secepatnya akan saya respon.
dan apabila ingin mengikuti channel saya tinggal klik tombol Subscribe yang biasanya ada di pojok kanan bawah he...he...



cukup sekian tulisan singkat dari saya, lain kali kalo ada kesempatan saya akan sambung lagi dengan materi yang lain yang masih berhubungan dengan dunia sablon, baik manual maupun digital
ok
Salam dari saya

Sagan studio crew
samarinda

No comments:

Post a Comment