Afdrukan jebol, ini solusinya Afdrukan jebol, ini solusinya - Sagan Sablon

November 24, 2018

Afdrukan jebol, ini solusinya

sering kali kita dengar dari pelaku usaha sablon yang mulai berjalan, atau bahkan sudah berjalan sekalipun. bahwa kadang kadang waktu membuat film sablon jebol melulu, dan ini bisa membuat frustrasi dan juga rugi waktu tenaga bahkan modal.

sebenarnya ada banyak pemicu yang membuat afdrukan kita jebol waktu kita siram dengan air.
dan juga sebenarnya para pelaku usaha sablon juga merasakan kalo ada yang kurang.

Film afdrukan bisa jebol bosa di karenakan antara lain:

  • waktu penyinaran kurang lama,ini biasanya penyinaran yang masih menggunakan feeling. atau bahkan menggunakan sinar matahari. solusinya adalah menggunakan meja afdruk dengan menggunakan lampu TL dan menggunakan timer.


  • mencoba produk obat afdruk baru, ini juga sering terjadi.  karena mungkin kita belum tau karakternya dan lama penyinaran yang di perlukan. tapi seiring berjalannya waktu, akan ketemu sendiri karakter dan perlakuan yang sempurna untuk obat afdruk baru.
  • takaran obat afdruk  dengan sintetiser kurang pas,jadi biasanya takaran cairan sintetisernya kurang dari takaran. biasanya bertujuan untuk mempermudah proses penjebolan, rapi akhirnya malah jebol semua.
  • proses pengeringan afdruk di screen kurang sempurna, pengeringan biasa menggunakan kipas angin, atau memakai hairdryer.apabila belum kering betul maka ini juga dapat mengakibatkan ikatan afdruk kurang kuat, sekali kena air langsung ambrol.
  • kurang merata waktu proses balur obat afdruk di screen. ini mengakibatkan beda kematangan penyinaran yang membuat jebol
  • gambar desain kurang pekat, meskipun desainnya raster apabila titik titik rasternya pekat tidak akan ada masalah. apabila tidak pekat akan mengakibatkan batas antara yang ada desain sama tidak menjadi tidak jelas sehingga kematangan afdruk kurang sempurna yang mengakibatkan jebolnya afdrukan.
  • adanya gelembung udara antara kertas desain dengan permukaan screen pada waktu penyinaran.
  • lupa tidak memakai pemberat atau minyak untuk menempelkan desain ke permukaan screen pada waktu proses penyinaran.

saya kira ada banyak sekali penyebab terjadinya afdrukan yang jebol.
salah satynya adalah yang telah saya jabarkan di atas.
tapi tenang aja, apabila suatu saat afdrukan kita jebol, pasti salah satunya ada tertulis di atas penyebabnya ha...ha...ha...

selamat berjuang kawan.....

1 comment:

  1. Kalau tulisan nya nampak gak jelas waktu selesai persinaran itu kenapa bangg

    ReplyDelete